Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Google Adsense?

Apa itu Google Adsense?
Apa itu Google Adsense?
Apa itu Google Adsense?

Jika Anda melihat internet beberapa tahun yang lalu, Anda akan melihat bahwa iklan ditampilkan dengan cara yang sangat mirip dengan jenis media lain seperti televisi atau sejenisnya, lebih seperti apa yang Anda lihat di koran. 

Anda akan memasukkan sebuah situs, dan di beberapa lokasi Anda akan melihat sebuah banner/spanduk (sering kali ini cukup banyak dan sangat besar), yang akan muncul dan menampilkan iklan-iklan untuk perusahaan apapun yang membayar untuk menambah ruang di website Anda. 

Tapi ada satu masalah dengan iklan semacam ini. Sebenarnya tidak mengeksploitasi, akan tetapi fakta bahwa sekarang mereka menambahkan iklan tidak melalui beberapa Surat Kabar, melainkan malah disajikan lewat internet. 

Anda mungkin telah melihat banyak hal seperti ini melalui halaman yang telah Anda browse. Anda sedang melihat sebuah toko on-line, mencari  atau menonton tetapi Anda malah mendapatkan sepanduk/banner yang mengiklankan mobil. 

Sementara itu Anda mungkin dibeberapa saat kemudian ingin membeli mobil. Dan pada saat sekarang Anda sedang ingin mencari jam tangan, dan itu pasti akan jauh lebih baik jika banner iklan yang ditonton adalah iklan tentang jam, karena mungkin saja Anda atau visitor akan mengeklik iklan tersebut.

Yah itu juga apa yang orang-orang di Google telah pikirkan, sehingga mereka datang dengan ide-ide brilian. Ini yang kita ketahui sebagai Google AdSense, dan hal itu dikenal sebagai program periklanan tertarget.


Apa yang Anda lakukan (sebagai Web Designer/pemilik website) adalah, bukannya melompat melalui rintangan untuk mendapatkan beberapa banner disitus Anda, bahwa pengunjung Anda bahkan tidak akan peduli, adalah Anda hanya perlu mengalokasikan beberapa wilayah dilayar atau website Anda.

Anda kemudian mendaftar untuk program Google AdSense, Anda memasukkan potongan kecil kode di halaman web Anda dan Google memastikan bahwa di lokasi yang Anda tentukan, banner akan muncul, menyajikan, menambahkan relevansi dengan isi disitus Anda. Untuk cara mendaftar Adsense, klik DISINI!!

Ini sangat mudah bagi Google untuk melakukan hal tersebut karena Google adalah perusahaan mesin pencari. Dengan mencari kata kunci di halaman Anda, kemudian dengan mencari database situs web untuk menemukan yang terkait dengan apa pun yang ada di halaman Anda dan jrenggg: iklan tertarget.

Anda (sebagai webmaster) akan mendapatkan bayaran untuk setiap pengunjung yang mengklik banner Adsense di situs Anda. Sekarang yang pasti akan terjadi lebih banyak dan sering muncul iklan dibandingkan dengan spanduk tradisional, karena orang benar-benar tertarget dan tertarik pada apa yang ada di banner (jika tidak, mereka tidak akan berada di halaman Anda, akankah mereka berkunjung?).

Namun, hal ini juga merupakan sebuah keajaiban atau kebetkahan bagi orang-orang yang ingin beriklan. Dan itu karena alasan yang sama yaitu iklan tertarget. Hal terbesar tentang Google AdSense adalah bahwa semua iklan dalam banner relevan dengan artikel/konten.

Relevansi ini adalah kunci untuk keberhasilan program, dan juga alasan mengapa semua orang tetap bahagia. Pengiklan memiliki iklan yang ditempatkan secara relevan, penayang mendapatkan uang dari konten diwebsite mereka, dan Google mengambil potongan dari penghasilan mereka.

Tentu saja seperti biasa, Google telah menetapkan standar yang tinggi untuk program AdSense, dalam hal penampilan dan fungsionalitas. Anda tidak dapat memiliki lebih dari dua spanduk yang sama di satu halaman pada situs web Anda dan Google hanya memasukkan teks dalam spanduk ini. 

Jadi manfaat tambahan dari hal tersebut yaitu bahwa iklan AdSense adalah jauh lebih menonjol, daripada iklan biasa. Tapi ini juga berarti Anda harus memposisikan banner dengan lebih baik, karena mungkin pengunjung bisa melewatkannya tanpa menyadarinya sama sekali.

Jadi pada akhirnya, Google AdSense adalah sebuah program periklanan yang unik karena iklan yang relevan dengan konten pada sebuah situs. Siapapun yang ingin beriklan harus membayar Google untuk itu. Siapa pun yang ingin menempatkan iklan di situs mereka, harus melakukan hal ini melalui Google AdSense, baru mereka mendapatkan bayaran dari Google dalam prosesnya. 

Semua transaksi dijalankan melalui Google, dan pengiklan serta penayang mendapatkan akses ke statistik yang membantu mereka  untuk memahami dan memoderasi efektivitas kampanye dari iklan  atau kampanye mereka.

Seluruh rangkaian proses ini dilakukan dengan elegan, sederhana dan efektif dari siapapun dalam rantai periklanan AdSense. Mulai dari pengunjung situs untuk pengiklan untuk publisher/webmaster, dan itu salah satu alasan mengapa Google dikenal sebagai salah satu raksasa periklanan, karena inovasi dan pemikiran barunya dalam periklanan.

Posting Komentar untuk "Apa itu Google Adsense?"